Kelebihan Dan Kekurangan Antara Genteng Tanah Dan Genteng Baja Ringan

Sebuah hunian atau juga gedung tidak lepas dari peran atap yang berupa genteng. Selain memiliki manfaa untuk melindingu gedung dan isi gedung, genteng juga menjadi bagian eksterior yang penting. Ada banyak macam dan jenis genteng yang biasa digunakan dalam membangun sebuah gedung. Kedua di antaranya ialah genteng tanah dan genteng baja ringan. Kelebihan dan kekurangan antara genteng tanah dan genteng baja ringan dapat disimak di bawah ini sebagai rekomendasi serta referensi untuk Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah

Genteng tanah atau genteng yang terbuat dari tanah liat sering dipilih oleh masyarakat Indonesia Genteng tanah memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Pas dengan iklim Indonesia

Mengapa jenis ini dipilih? Karena genteng dengan jenis tanah memang sangat pas dan dinilai cocok untuk gedung di Indonesia di mana berada di bawah iklim sub-tropis yang berubah-ubah. Genteng tanah lebih tahan terhadap cuaca panas mau pun cuaca dingin seperti hujan.

  1. Pilihan model banyak

Berikutnya yang merupakan kelebihan dan kekurangan antara genteng tanah dan genteng baja ringan ialah pilihan model yang banyak atau variatif. Genteng dengan jenis tanah memiliki bentuk bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan model atap atau kebutuhan. Hal ini dikarenakan bahan tanah atau keramik mudah untuk dibentuk.

  1. Harga yang terjangkau

Kelebihan yang ketiga adalah genteng tanah memiliki harga yang terjangkau. Satu genteng tanah dibandrol mulai dari lima ratus rupiah saja. Cukup murah untuk masyarakat Indonesia.

Kekurangan genteng tanah liat sebagai berikut:

  1. Tidak kokoh dan berat

Tentunya harga menggambarkan kondisi sesuatu barang. Kekurangan dari genteng tanah ialah kurang kokoh, mudah pecah. Selain itu memiliki bobot yang cukup berat.

  1. Warnanya mudah pudar

Kekurangan lainnya adalah warnanya yang mudah pudar sehingga dalam seiring waktu akan tidak lagi enak dipandang.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Baja Ringan

Sementara untuk genteng baja ringan adalah genteng yang berupa logam antikarat atau sering juga disebut genteng metal. Ini dia kelebihan dan kekurangan antara genteng tanah dan genteng baja ringan untuk genteng baja ringan. Kelebihannya sebagai berikut:

  1. Memiliki pilihan bentuk

Sama seperti genteng tanah, genteng baja ringan juga memiliki pilihan bentuk yang banyak atau variatif sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk atap dan kebutuhan.

  1. Memiliki bobot ringan

Kelebihan yang kedua adalah genteng baja ringan memiliki bobot yang ringan sehingga lebih baik dari genteng tanah.

  1. Memantulkan panas

Kelebihan genteng tanah metal pasir selanjutnya ialah dapat memantulkan panas secara maksimal atau lebih bagus dari genteng tanah.

Untuk kekurangan dari genteng baja ringan sebagai berikut:

Harganya cukup mahal sehingga masih jarang yang menggunakan genteng dengan jenis ini. Belum lagi karena peminatnya yang masih sedikit, tidak semua toko menjual genteng dengan jenis baja ringan.

Itu dia ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan antara genteng tanah dan genteng baja ringan yang semoga dapat menambah informasi bagi Anda.

Check previous post: 5 Jenis Pagar Khusus Taman Desain Outdoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*